
Hai, kamu yang lagi mau pasang iklan di Facebook dan Instagram! Pernah nggak sih, kamu berpikir bahwa tujuan iklan itu cuma buat jualan? Wah, kalau iya, kamu harus banget baca ini. Karena ternyata, iklan tuh nggak selalu soal jualan, lho. Ada banyak banget tujuan lain yang bisa kita capai dengan beriklan. Jadi, sebelum langsung loncat ke teknis bikin iklan, yuk, kita pahami dulu apa aja sih tujuan beriklan yang bisa kamu eksplor!
Pernah dengar, “Beriklan itu nggak harus jualan”? Kalau belum, sekarang kamu dengar dari aku. Sama seperti iklan di media lain kayak koran, TV, atau baliho, iklan digital juga punya banyak tujuan. Bedanya, di iklan digital, kamu bisa tambahin tombol klik. Tapi, ini juga yang bikin banyak orang salah kaprah, terutama soal iklan di Facebook dan Instagram Ads.
“Wah, kalau pasang iklan, pasti langsung laris dong produknya.”
Hmm, nggak selalu, lho. Iklan itu ibarat alat multifungsi yang bisa kamu pakai untuk:
Nah, banyak kan? Jadi nggak cuma jualan, ya.
Oke, sekarang kita bahas cara jualan lewat iklan digital. Di Indonesia, ada dua skema yang sering banget dipakai karena cocok dengan kebiasaan calon pembeli di sini:
Kadang, iklan itu nggak melulu soal jualan dan cari untung. Ada juga iklan yang bertujuan sosial, misalnya:
Keren, kan? Jadi, kamu bebas menentukan tujuan iklanmu, asal sesuai aturan.
Kamu merasa biaya iklan mahal? Tenang, ada strategi namanya list building. Simpelnya, kamu bikin daftar calon pembeli dulu sebelum jualan. Misalnya, kamu bikin penawaran menarik seperti:
Orang-orang yang tertarik bakal masuk ke “kolam” calon pembelimu, seperti grup WhatsApp, database email, atau mailing list. Nanti, tinggal kamu tawarin deh produkmu ke mereka.
Kelebihan list building:
Mungkin ini nggak sepopuler tujuan lain, tapi kalau kamu pengen akun media sosialmu rame, kamu bisa coba iklan untuk nambah followers. Caranya:
Pernah lihat iklan Gojek yang sering muncul di media sosial? Itu contoh iklan untuk pengenalan produk. Gojek nggak peduli berapa banyak orang klik iklan mereka, karena tujuannya adalah bikin orang tahu layanan mereka. Kamu juga bisa pakai strategi ini, terutama kalau:
Gimana? Setelah baca ini, jadi makin kebayang kan tujuan apa aja yang bisa kamu capai dengan beriklan? Jangan lupa tentukan tujuanmu sebelum bikin iklan, ya! Kalau udah, tinggal gas deh ke langkah teknisnya. 😉